Terungkap di Kiddofest 2022, Masih Banyak Orang Tua Sulit Temukan Potensi Anak

- 10 November 2022, 16:55 WIB
Terungkap di Kiddofest 2022, Masih Banyak Orang Tua Sulit Temukan Potensi Anak
Terungkap di Kiddofest 2022, Masih Banyak Orang Tua Sulit Temukan Potensi Anak /Nur Aliem Halvaima /Foto : Nur AH - Posjakut/

POSJAKUT - Masih banyak orang tua yang kesulitan menemukan potensi anak. Sehingga terkesan ada pemaksaan terhadap anak, agar minatnya bisa sesuai keinginan orang tua.

Demikian yang mengemuka dari acara talkshow Kiddofest 2022, yang mengusung tema "Celebrating Uniqueness", di Main Atrium Pluit Village, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 10 November 2022.

Tampil sebagai narasumber Agus M Solihin dari Unit Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA) Kemendikbud, Analia Tan CEO Kiddo.id, Erika Kamaria Yamin, M.Psi., Psikolog, CHt, Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo.

Pada acara ini, Kiddo.id mengajak orang tua dan anak untuk menyadari bahwa setiap anak adalah unik dan berhak mendapatkan program pendidikan yang dipersonalisasi untuk mendukung perjalanan belajar mereka.

Baca Juga: Bernostalgia dengan Permainan Anak Tradisional, dari Congklak, Petak Benteng hingga Lompat Karet

Menurut Psikolog Erika Kamaria Yamin, harus disadari bahwa tidak bisa sekonyong orang tua menemukan keahlian anak. Yang paling penting adalah dilakukan eksplorasi, agar anak "enjoy" ketika melakukan sesuatu sesuai minatnya.

"Cara yang paling baik dalam menemukan potensi anak, adalah orang tua harus melihat dari keseharian anak terlebih dahulu, suka atau tidak dengan pelajaran di sekolah. Sebab kuncinya adalah 3 E, yaitu easy, excellent, enjoy," kata Erika.

Karena itu Erika menyarankan kepada orang tua, agar membiarkan anak memilih sendiri minat apa yang mau dipelajari, orang tua tinggal mendukung.

"Jangan memaksakan anak mengikut jejak orang tua, yang di masa lalu mungkin gagal meraih cita-citanya. Harus dilihat responnya dan berkomunikasi. Ada ruang diskusi dan Komunikasi dua arah," tambah Erika.

Halaman:

Editor: Nur Aliem Halvaima


Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x