Maknai Hari Pahlawan, Menag Yaqut Cholil Ajak Bangsa Bangun dari Mimpi dan Berinovasi

- 10 November 2022, 13:10 WIB
Peringatan Hari Pahlawan Menurut Menag Yaqut
Peringatan Hari Pahlawan Menurut Menag Yaqut /Istimewa

 

POSJAKUT -- Apa makna Hari Pahlawan di hari ini, Kamis 10 November 2022 yang setiap tahunnya diperingati bangsa Indonesia, bagi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bangsa ini harus bangun dari mimpi dan berinovasi.

Banyak hal memaknai Hari Pahlawan itu sendiri dengan konteks pribadi atau sosial, lokal atau nasional.

Hari Pahlawan sedianya diperingati untuk mengingat jasa pahlawan bangsa yang telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran di Surabaya 10 November 1945 lalu merupakan titik tolak perjuangan menyingkirkan militerisme yang mengganggu Indonesia yang sudah merdeka.

Baca Juga: Menag Yaqut Akan Minta Kuota Haji Indonesia 100 Persen dan Tambahan Khusus untuk Calhaj Lansia 2023

Tentu saja saat ini, di mana tak lagi kita berhadapan dengan musuh bersenjata laras panjang, Hari Pahlawan menjadi lebih luas konteksnya.

Menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, sangat penting bagi masyarakat untuk meneladani perjuangan pahlawan sesuai konteks masa kini.

"Jika para pahlawan dahulu mengorbankan nyawa demi perjuangan kemerdekaan, mari hari ini kita mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan pembangunan," demikian pesan Menag Yaqut di Hari Pahlawan hari ini.

Gus Men, panggilan akrab Menag, mengingatkan bahwa Indonesia pada hari ini adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah perjuangan kemerdekaan para pendahulu bangsa.

Halaman:

Editor: Fenty Ruchyat

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x