Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim Minta Warga Pesisir Waspadai Banjir Rob

- 8 November 2022, 11:35 WIB
Walikota Ali Maulana Hakim mengimbau petugas tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan dan warga mewaspadai banjir pesisir
Walikota Ali Maulana Hakim mengimbau petugas tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan dan warga mewaspadai banjir pesisir /Jakartagoid

POSJAKUT – Hujan lebat yang mengguyur Kota Bogor hari ini (berdasarkan prakiraan BMKG) dapat saja membuat Jakarta kembali tergenang meskipun tak turun hujan. Jika pintu air di bendung Katulampa masuk siaga 1 berarti 4 jam kemudian Jakarta banjir.

Hal ini akan semakin parah bila di Jakarta turun hujan kemudian ada air pasang laut yang naik. Dalam kondisi seperti ini Jakarta khususnya sebagian wilayah Jakarta Utara mau tak mau akan tergenang.

Itu sebabnya Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengimbau petugas tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan maupun warga untuk mewaspadai banjir pesisir (rob).

Baca Juga: Kendalikan Ancaman Banjir Rob, Ini yang Dilakukan Pemprov DKI Jakarta di Kawasan Pesisir

"Walaupun tidak ada hujan, tidak ada kiriman, tetapi kita antisipasi. Beberapa lokasi genangan rob itu sudah kami sosialisasikan untuk masyarakat waspada," kata Ali Maulana Hakim Selasa 8 November 2022. 

Ali meminta sejumlah prasarana dan sarana seperti pompa maupun petugas dari unsur satuan terkait bisa dikondisikan untuk bergerak secara simultan pada sejumlah wilayah yang diprediksi BMKG berpotensi terjadi rob pada Selasa agar genangan yang muncul bisa cepat surut.

Selanjutnya, Ali juga mengarahkan petugas untuk menutup celah dengan karung pasir (sand bag) pada tanggul yang selama ini menjadi tempat air masuk daratan. Seperti di dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa yang celah airnya sudah ditutupi dengan karung pasir.

Baca Juga: Pemprov DKI Berencana Merelokasi Pemukiman Warga Rawan Rob ke Rusun Terdekat 

Pemerintah Kota Jakarta Utara (Jakut) terus memaksimalkan pengerjaan polder atau kesatuan sistem sarana dalam pengelolaan tata air. Sistem tersebut meliputi drainase kawasan, tanggul keliling kawasan, serta pompa.

Halaman:

Editor: Maghfur Ghazali

Sumber: BPBD DKI Jakarta


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini