3.000 Unit Bus TransJakarta Bermesin Diesel Segera Direkayasa Jadi Bus Listrik

- 18 Agustus 2022, 22:00 WIB
PT Transjakarta gandeng PT VKTR Teknologi Mobilitas untuk mengubah 3.000 unit bus diesel milik PT TransJakarta menjadi buslistrik
PT Transjakarta gandeng PT VKTR Teknologi Mobilitas untuk mengubah 3.000 unit bus diesel milik PT TransJakarta menjadi buslistrik /toto ANT

POSJAKUT -- PT Transjakarta menggandeng PT VKTR Teknologi Mobilitas/VKTR, anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk/BNBR, untuk mengubah 3.000 unit bus diesel milik PT TransJakarta menjadi bus listrik.

Menurut Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono dalam keterangan tertulisnya Kamis 18 Agustus 2022, sebagai upaya percepatan penggunaan dan pembangunan ekosistem kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) dengan PT Transjakarta dan perusahaan Inggris yang bergerak di bidang pengembangan dan penyediaan electric powertrain solutions, Equipmake Limited.

 Baca Juga: TransJakarta Lakukan Uji Coba 3 Bus Listrik Asal China, di Jalur Kampung Melayu-Tanah Abang Selama 3 Bulan

"Bus konvensional yang ada akan direkayasa melalui proses konversi oleh VKTR menjadi bus berteknologi motor listrik," kata Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono Kamis.

Pada tahap awal kerja sama ini menghasilkan purwarupa (prototype) bus retrofit, sekaligus menjadi awal dalam pelaksanaan program uji coba bus retrofit oleh PT Transjakarta. 

Dalam kerja sama ini PT Transjakarta sebagai pihak yang menyediakan bus konvensional dengan motor bakar (ICE – Internal Combustion Engine) ke VKTR.

Baca Juga: Menteri Luhut Minta PT INKA Produksi 5 Lagi Bus Listrik E-Inobus untuk Pelayanan Wisatawan di Borobudur 

Bus konvensional ini kemudian direkayasa melalui proses konversi oleh VKTR menjadi bus berteknologi motor listrik.

Halaman:

Editor: Maghfur Ghazali

Sumber: posjakut/PT TransJakarta


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini