Gubernur Jabar Ridwan Kamil Minta Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Bersiap Hadapi Resesi, Ini Amanatnya

- 8 November 2022, 18:50 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menitipkan pesan khusus kepada Hengky Kurniawan yang resmi dilantik sebagai Bupati bandung Barat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menitipkan pesan khusus kepada Hengky Kurniawan yang resmi dilantik sebagai Bupati bandung Barat /HUMAS JABAR

POSJAKUT -- Gubernur Ridwan Kamil meminta Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan bersiap mengantisipasi kemungkinan terjadinya resesi 2023.

Permintaan Ridwan Kamil kepada Hengky ini bukan tanpa alasan diutarakannya saat melantiknya sebagai Bupati Bandung Barat Senin 7 November 2022 sore.

Menurut Ridwan Kamil, Bupati Hengky wajib menyusun strategi untuk mengantisipasi resesi itu mengingat Kawasan Bandung Barat (KBB) memiliki potensi pendapatan asli daerah besar dari sektor pariwisata.

Ia menyebut sudah menjadi tugas Hengky Kurniawan mengawasi perkembangan dan pengembangan di Kawasan Bandung Barat yang ia pimpin.

Baca Juga: Hadir di Acara Budaya, Gubernur Ridwan Kamil Sebut 3 Jurus Sakti Bung Karno Jadikan Indonesia Bangsa Besar

"Seorang pemimpin itu mendapat ujian sesuai zaman masing-masing. Ujiannya silih berganti, kemarin ada pandemi dan potensi resesi. Nah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus menghitung apakah resesi berpengaruh kepada pariwisata yang menjadi andalan PAD KBB. Saya perintahkan untuk segera melakukan respons yang terukur," kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan potensi resesi harus disikapi serius meskipun menurut perhitungan dampak bagi Indonesia tidak separah negara lain.

Ia menuturkan salah satu cara menghadapi resesi dengan melakukan transaksi ekonomi dalam negeri.

"Meskipun hitungannya secara global Indonesia tetap akan berjalan tidak separah negara lain. Syaratnya satu, kalau punya uang belanjakan untuk produk dalam negeri, kalau mau 'travel', maka 'travel'-nya dalam negeri, kalau bisa menabung, ditabung sehingga kalau ada apa-apa ada dana cadangan untuk merespons krisis," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ikut Nampil di Citayam Fashion Week Bareng Supir Ojol, Sampaikan Beberapa Pesan Penting Ini

Diketahui Gubernur Ridwan Kamil pada Senin sore resmi melantik Hengky Kurniawan sebagai Bupati Bandung Barat sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Sate, Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Fenty Ruchyat

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x