Mahfud MD Sebut Polri 'Akrab' dengan Islam, Begini Pesan Wapres tentang Hari Santri

- 21 Oktober 2022, 17:30 WIB
Mahfud MD sebut Polri
Mahfud MD sebut Polri /portaljember.pikiran-rakyat.com/


POSJAKUT -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan bahwa institusi Polri saat ini sudah berubah dibanding tahun 1970-an yang sempat dianggap tidak mengerti dan jauh dari Islam.

Demikian disampaikan Mahfud dalam peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Kantor Kemenko Polhukam hari ini Jumat 21 Oktober 2022.

Peringatan Hari Santri ini dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin, yang mengingatkan  peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan sangat penting. 

"Alhamdulillah, memang peran santri di Indonesia diakui oleh negara sehingga ditetapkan Hari Santri Nasional," kata Maruf Amin.

-Baca Juga: Semua Peserta Pria Upacara Hari Santri 22 Oktober 'Wajib' Pakai Sarung dan Gunakan Peci

"Karena santri terus berkiprah sejak sebelum kemerdekaan, ketika juga berjuang mengusir penjajahan, menyusun konstitusi negara juga santri ikut terlibat," ujar Ma'ruf Amin.

"Kiai Hasyim, Agus Salim, santri-santri NU yang ikut merumuskan konstitusi kita, mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," sambung Wapres.

Khusus bicara terkait instutusi Polri, Menko Polhukam mengatakan, sampai tahun 1970-an Polri  masih dianggap angker, dikesankan jauh dari Islam dan dianggap tidak mengerti Islam.

"Sekarang ini markas-markasnya sudah sering menjadi tempat pengajian, tempat Al-Qur'an. Bahkan di lingkungan Polri ada seragam muslimah Polri yang dipakai saat dinas di lapangan,” ujar Mahfud.

-Baca Juga: Menteri Agama Minta Pelaksana KBIHU Lebih Perhatikan Kesehatan Jemaah

Halaman:

Editor: Ramli Amin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini