Awas, Ini 5 Gejala 'Silent Stroke' yang Harus Diwaspadai

- 21 September 2022, 22:00 WIB
Awas, ini 5 Gejala  yang bukan gejala umum pada Silent Stroke yang harus diwadpadai. Foto: Illustrasi/Pixabay
Awas, ini 5 Gejala yang bukan gejala umum pada Silent Stroke yang harus diwadpadai. Foto: Illustrasi/Pixabay /postalsulut.pikiran-rakyat.com/


POSJAKUT -- Awas, ini 5 gejala silent stroke yang harus diwaspadai: Masalah kognitif, kecanggungan, kehilangan keseimbangan, kehilangan memori dan masalah bicara.

Banyak orang mungkin berpikir penyakit stroke pasti menunjukan gejala. Padahal, ada juga stroke yang tidak memiliki gejala jelas (umum) atau biasa disebut silent stroke. Kondisi ini bahkan terbilang lebih umum.

Dikutip  dari portal PMJNews, silent stroke adalah jenis stroke yang biasanya tidak menunjukkan gejala umum. Pada kebanyakan kasus, penderitanya bahkan tidak tahu mereka mengalami penyakit ini.

Jenis stroke ini telah memengaruhi setidaknya sepertiga dari orang di atas usia 70 tahun. Pembuluh darah bisa tersumbat, jaringan yang disuplai oleh pembuluh itu bisa mati.

-Baca Juga: TIP KESEHATAN: Minum Kopi Bisa Bikin Happy, Berapa Batas Aman Konsumsi Kafein Sehari?

"Tapi orang itu tidak mengalami gejala sehingga mereka tidak tahu bahwa mereka terkena strok," ujar Profesor di Harvard Medical School dan direktur Layanan Stroke RS Massachusetts, Karen Furie.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Rabu (21/9/2022), berikut lima gejala yang sangat terkait dengan silent stroke:

1. Masalah Kognitif

Masalah kognitif yang sedang berlangsung bisa menjadi akibat dari serangkaian silent strok. Ahli saraf dr Shazam Hussain mengatakan, apabila silent stroke benar-benar mulai menumpuk, hal itu dapat memengaruhi hal-hal lain seperti ingatan dan pemikiran.

Masuk ke topik yang lebih luas tentang bagaimana strok dapat memengaruhi hal-hal lain, ada seluruh bagian dari demensia yang disebut demensia vaskular.

Halaman:

Editor: Ramli Amin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah