Studi: Semakin Banyak Orang di Bawah 50 Tahun Terkena Kanker, Ini Penyebabnya

- 10 September 2022, 18:45 WIB
Studi: Semakin banyak orang di bawah 50 Tahun terkena kanker, iIni  penyebabnya. Foto: illustrasi/pixabay.
Studi: Semakin banyak orang di bawah 50 Tahun terkena kanker, iIni penyebabnya. Foto: illustrasi/pixabay. /pikiran-rakyat.com/

POSJAKUT  - Hasil studi menunjukkan, dalam beberapa dekade terakhir, semakin banyak orang dewasa berusia di bawah 50 tahun yang terkena kanker.

Beberapa jenis kanker yang ditemukan pada kelompok ini adalah kanker payudara, kanker kolon, kanker pankreas, kanker ginjal, dan kanker hati.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Brigham and Women's Hospital, peningkatan kasus kanker pada kelompok usia yang lebih muda ini mulai terjadi pada sekitar 1990.

Seperti dilansir dari laman EurasiaReview, Jumat 9 September 2022, bila dibandingkan generasi sebelumnya, generasi yang lebih muda tampak memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kanker sebelum usia 50 tahun.

-Baca Juga: TIP KESEHATAN: Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh

"Sebagai contoh, orang-orang yang lahir di 1960 memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kanker sebelum berusia 50 tahun dibandingkan orang-orang yang lahir di 1950," ungkap ilmuwan dari Departemen Patologi di Brigham and Women's Hospital, Shuji Ogino MD PhD, s.

Informasi ini didapatkan setelah tim peneliti menganalisis data global terkait kejadian 14 jenis kanker. Keempatbelas jenis kanker yang dianalisis merupakan kanker yang kasusnya mengalami peningkatan pada kelompok usia di bawah 50 tahun pada periode 2000-2012.

Tim peneliti menyadari bahwa peningkatan kasus kanker ini turut dipengaruhi oleh kemajuan dan cakupan tes skrining serta deteksi dini kanker yang lebih luas, sehingga ada lebih banyak kasus kanker yang bisa ditemukan.

-Baca Juga: Ini Dampak Buruk Mengonsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur

Halaman:

Editor: Ramli Amin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini